Pencak Silat

Minggu, 06 Desember 2020

JURUS

APA ITU JURUS ? 



Serangkaian gerakan seni beladiri pencak silat yang kuat, dinamis, atraktif dan indah mempesona sering kita sebut dengan nama 'Jurus'. Apa sebenarnya jurus itu ? Jurus adalah serangkaian atau rangkaian dari teknik-teknik beladiri dan seni gerak, yang dipilih secara selektif serta di padukan menjadi serangkaian gerak, sehingga tersusun secara dinamis, berkarakter dan indah. Sedangkan teknik adalah bentuk atau cara melakukan, seperti cara memukul, menangkis, menendang, menghindar dan lain sebagainya. 

Di dalam jurus-jurus seni beladiri klasik juga diberikan unsur sifat keras atau lunak, serta penjiwaan karakter seperti jurus harimau, bangau, kera, elang, naga dan lain sebagainya. Jurus beladiri tanpa senjata secara umum sering disebut dengan nama jurus tangan kosong. Kelenturan, kekuatan, kecepatan, kelincahan, koordinasi gerak dan ketrampilan teknik menjadi syarat penguasaan jurus tangan kosong.

Sedangkan seni gerak dalam pencak silat disebut juga dengan nama kembangan / bunga yang mekar. Gerak kembangan ini lah yang memperindah dari sebuah jurus. Jurus selain memiliki nilai beladiri, sport / olahraga, dengan adanya kembangan ini akan mendapat nilai tambahan dalam sisi keindahan / estetika, sehingga akan nampak indah dan menyenangkan saat dilihat. Secara umum kembangan terdiri dari dua jenis, kembangan terbuka dan kembangan tertutup. Di dalam pertandingan kembangan tertutup digunakan guna menciptakan kesan rapat/tertutup, membatasi sisi terbuka sehingga diharapkan menyulitkan lawan untuk melakukan serangan. Dan kembangan terbuka, seolah olah memberikan kesan longgar, kurang rapat dalam sisi pertahanan. Namun jangan salah, hal itu bisa menjadi taktik strategi pancingan, seolah-olah memberi peluang lawan tapi pesilat sudah menyiapkan gerak sambut untuk menghalau, menggagalkan atau menangkap dari serangan lawan baik serangan kaki maupun tangan.

Dalam gerak manipulatif, jurus dikembangkan dengan menggunakan senjata seperti pisau/belati, golok, toya/tongkat, keris, pedang dan lain sebagainya. Jurus senjata lebih membutuhkan fokus, penjiwaan dan tingkat ketrampilan teknik yang lebih dari pada jurus tangan kosong. Memahami bentuk, sifat dan karakter senjata menjadi langkah wajib pertama sebelum melangkah ke dalam permainan jurus senjata. Hal ini perlu guna keamanan dalam memainkannya dan penguasaan benda dalam gerak jurus. 

Baik jurus tangan kosong maupun jurus senjata akan tampak indah mempesona dengan adanya kembangan. Jurus senjata sering dipertandingkan dalam kelas pertandingan seni. Senjata yang digunkan adalah jenis golok dan tongkat / toya. Di dalam pertandingan kelas seni, mengenakan busana tradisional akan memberikan nilai tambah dalam sisi keindahan. Dengan mengenakan busana tradisional, permainan jurus senjata akan nampak semakin mempesona.

Berikut contoh teknik-teknik yang dipilih kemudian dirangkai membentuk suatu pola gerakan yang diharapkan dapat melatih reflek dan kecepatan gerak. Jurus ini diberi nama jurus angin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Disini.

JURUS

APA ITU JURUS ?  Serangkaian gerakan seni beladiri pencak silat yang kuat, dinamis, atraktif dan indah mempesona sering kita sebut dengan na...